Pages - Menu

Image and video hosting by TinyPic

Tuesday, July 3, 2012

Kenapa Yahoo Koprol Ditutup?



Setelah pihak yahoo melakukan PHK terhadap tim jejaring sosial Koprol, kini yahoo telah memastikan bahwa layanan terebut dihentikan :g:. seperti yang kita ketahui selama ini koprol adalah jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama.

Koprol didirikan pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Ada pun tim Koprol yang dimaksud adalah Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai Production Director, dan Daniel Armanto sebagai Engineering manager. Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh
ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Koprol yang mencapai kurang lebih 80.000 orang setelah satu setengah tahun lahirnya Koprol karena dianggap punya potensi yang besar kemudian koprol diakuisisi oleh Yahoo Inc dan dibuka pada tahun 2010.

Seperti dikutip dari blog Koprol(koprol blog.com), Yahoo memutuskan untuk menghentikan Koprol efektif pada tanggal 28 Agustus 2012.

Menurut pihak Yahoo, keputusan alasan penutupan Koprol ini dilakukan setelah pihak yahoo mengkaji portofolio produk secara seksama. 

Dari kajian tersebut, Koprol dianggap termasuk dalam produk yang tidak memberikan revenueatau engagement yang berarti bagi Yahoo, dalam kata lain koprol dianggap sebagi produk yang tidak cukup banyak menghasilkan keuntungan

setelah dilakukannya pengumuman tersebut pengguna koprol dihimbau untuk mengekspor profil, posting, review, check-in, dan gambar asli yang pernah di-upload dengan mengunjungi menu ‘Export Data’ di m.koprol.com/export.dan proses pengambilan data harus dilakukan sebelum tanggal 28 Agustus 2012.

Bukan kali ini saja sebenarnya yahoo telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 2000 karyawannya awal maret lalu, jumlah ini sudah termasuk karyawan Yahoo Indonesia yang tergabung dalam tim Koprol.

Saat itu, Yahoo belum memberi kejelasan nasib Koprol setelah tim pendukungnya dibubarkan. Bahkan, pendiri Koprol, Satya Witoelar saat diwawancarai pada April 2012 menyatakan tak tahu masa depan dari Koprol. 




Kata kunci : Kenapa koprol ditutup, layanan Koprol dihentikan ?, jejaring sosial asal indonesia ditutup




2 comments:

  1. Sepertinya kalah bersain sama facebook dan twitter tuh == sayang juga tapi, kontent lokal di matiin ckckck

    ReplyDelete
  2. jangan jangan di beli cuma untuk dimatikan

    ReplyDelete