Pages - Menu

Image and video hosting by TinyPic

Sunday, October 14, 2012

Di Depan Komputer Terlalu Lama Dapat Meningkatkan Resiko Kematian !!!

Ilustrasi
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Emmanuel Stamatakis, peneliti dari University College London, Inggris. yang telah melakukan penelitian terhadap lebih dari 4.500 orang berusia di atas 35 tahun dan hasilnya dipublikasikan di Journal of the American College of Cardiology, Menghabiskan waktu lebih dari 5 jam per hari di depan komputer ternyata bisa merusak jantung dan menjurus ke kematian lebih cepat. dan tahukah kamu ternyata Penyebab utamanya adalah posisi duduk dengan bersandar,  yang merupakan posisi umum saat orang bekerja dengan komputer, bermain game, ataupun menonton televisi.


Temuan ini tentu saja semakin menambah bukti-bukti yang terus terkumpul tentang bahaya  berlama-lama duduk. Padahal, kecenderungan untuk duduk berlama-lama saat ini sudah tidak mungkin terhindarkan lagi, berkat adanya teknologi seperti komputer dan televisi seseorang jadi lebih betah duduk berlama didepan benda-benda tersebut


Emmanuel Stamatakis mengatakan
“Orang yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam berturut-turut per hari di depan komputer memiliki peluang 125% lebih tinggi akan mengalami kematian terkait penyakit jantung dibanding mereka yang hanya menghabiskan waktu kurang dari 2 jam di depan layar,” seperti yang saya kutip dari Examiner, 20 April 2011.

Stamatakis juga menyebutkan, dari penelitian yang sudah dilakukan ditemukan sebesar 48% orang yang menghabiskan waktu 4 jam di depan komputer berturut-turut juga berpeluang mengalami kematian lebih cepat akibat faktor lain selain serangan jantung.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, 
mereka yang menghabiskan lebih dari 5 jam di depan komputer per hari, risiko mati lebih cepatnya akan naik secara signifikan.

Sebelum dilakukannya penelitian ini , orang-orang sering beranggapan bahwa mereka yang menghabiskan waktu terlalu banyak di depan komputer, atau juga di depan televisi, merupakan orang yang malas berolahraga dan menyebabkan munculnya penyakit.
Namun, dari data yang didapat setelah penelitian, tidak demikian.

selain itu Stamatakis juga mengatakan.
“Orang yang berolahraga secara reguler di waktu luang mereka juga memiliki peluang untuk mati lebih cepat,”

Peneliti sangat yakin bahwa penyebab meningkatnya resiko kematian ini memang adalah duduk yang terlalu lama. Posisi duduk yang terlalu lama tersebut diketahui menyebabkan penurunan 90 persen lipoprotein lipase dan enzim jantung yang sehat. Pembengkakan dan masalah metabolisme yang disebabkan oleh ketidakatifan dalam waktu panjang juga menjadi penyebab permasalahan.

Tetapi tenang, selalu ada solusi dibalik setiap permasalahan 

bagi mereka yang terpaksa harus bekerja di depan komputer sepanjang hari. “Anda harus bangun setiap 20 menit dan berjalan kaki sejenak,” kata Stamatakis. 
“Itu akan menurunkan masalah-masalah tersebut dan mungkin akan meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama,”

No comments:

Post a Comment