Pages - Menu

Image and video hosting by TinyPic

Tuesday, May 22, 2012

cara membuat kamar lebih sehat


Lima Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Sehat

Manusia menghabiskan hampir sepertiga dari hidupnya untuk tidur. Karena itu, jelas bahwa kamar tidur yang sehat merupakan sesuatu yang sangat penting. Tidak hanya harus nyaman untuk dipakai beristirahat, kamar juga selayaknya harus dijaga agar tetap bersih dan bebas dari hal-hal yang dapat mengganggu tidur. Bila kamar tidur kurang nyaman, maka kualitas tidur pun akan berkurang, dan hal ini akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Untuk membuat kamar tetap sehat dan nyaman untuk ditempati, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Ingin tahu apa saja tips yang bisa Anda terapkan? Berikut adalah lima Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Sehat

1. Padamkan Lampu

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang tidur malam hari di tempat terang memiliki kualitas tidur yang lebih buruk dari mereka yang biasa tidur di tempat gelap. Tak hanya itu, tidur dengan penerangan juga dapat mempengaruhi tekanan darah, kadar glukosa, dan kemampuan Anda untuk mengontrol suhu tubuh. Bahkan, hal ini juga dapat meningkatkan resiko Anda untuk terkena kanker. Samuel L. Krachman, direktur dari Sleep Disorders Center di Temple University Hospital di Philadelphia melihat bahwa hal ini disebabkan karena orang yang tidur dengan penerangan memproduksi melatonin yang lebih sedikit. “Melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur dan bangun Anda, dikeluarkan saat malam hari sebagai respon terhadap kegelapan. Adanya cahaya dapat menghalangi produksinya, menjadikan Anda lebih sulit untuk mendapatkan tidur yang pulas,” katanya menjelaskan. Untuk memastikan bahwa Anda dapat tidur dengan nyenyak, padamkan lampu saat malam. Apabila diperlukan, pasang juga penutup jendela yang tebal agar cahaya dari luar tidak dapat menembus masuk.

2. Jaga Kamar Tetap Rapi

Siapapun juga tahu kalau tidur di tempat yang rapi akan membuat orang merasa lebih tenang. Tapi, selain menjaga agar barang-barang tidak berserakan, kita juga perlu untuk menyingkirkan barang-barang yang berpotensi untuk memicu stres. Bagi tiap-tiap orang, barang yang dapat memicu stres dapat berarti hal yang berbeda-beda. Unuk beberapa orang, tumpukan buku dapat mengingatkan pada tugas sekolah. Untuk pegawai kantoran, laptop dan telepon genggam mungkin dapat mengingatkan mereka pada stres yang dialami di kantornya. Jadi, cobalah untuk tidak membawa barang-barang ini bersama Anda ke kasur, dan biarkan kamar Anda menjadi tempat yang memberikan ketenangan.



3. Kurangi Barang Elektronik

Banyak orang memiliki televisi di dalam kamarnya. Hal ini dapat membuat pikiran Anda teralih dari niat untuk tidur, sehingga jam tidur yang sebenarnya bisa panjang akhirnya menjadi lebih sedikit. Karena itu, cobalah singkirkan barang elektronik yang tidak ada hubungannya dengan tidur dari kamar Anda. Selain itu, perangkat elektronik lain seperti telepon, laptop, dan jam meja juga berpotensi untuk mengganggu tidur Anda. Tak hanya itu, mereka juga memancarkan medan elektromagnetik (EMF). Meski belum ada bukti kuat bahwa EMF punya dampak negatif bagi kesehatan, tentunya lebih baik barang-barang ini tetap dijauhkan dari kamar selama kita tidur di malam hari.



4. Pilih Bantal yang Sehat

Bantal yang terbuat dari memory-foam memang terasa nyaman untuk dipakai. Namun, bantal dengan busa sintetis yang berbahan dasar petroleum ini ternyata dapat membahayakan kesehatan. Bantal ini dapat menyebarkan senyawa organik yang mudah menguap dan dapat menyebabkan pusing, mual, iritasi pada mata dan tenggorokan, dan bahkan dapat mengakibatkan asma. Apabila Anda masih tetap ingin menggunakan bantal ini, Anda dapat menggunakan sarung bantal yang terbuat dari bahan katun untuk mengurangi penyebaran racun berbahaya dari bantal yang digunakan. Tapi, bila Anda mempertimbangkan untuk mengganti bantal, Anda dapat mencoba bantal lateks alami yang terbuat dari pohon karet.



5. Hilangkan Tungau

Tungau debu memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, tapi bukan berarti hewan ini tidak ada di kamar Anda. Memastikan bahwa rumah Anda sepenuhnya bebas dari hewan kecil ini memang tidak mudah. Namun, Anda tetap bisa mengurangi populasinya dengan menjaga kebersihan. Untuk memastikan bahwa tungau debu tidak terlalu banyak beranak pinak di kamar Anda, cuci sprei secara teratur tiap dua minggu sekali. Jangan lupa juga untuk mengganti sarung bantal Anda. Bila perlu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan barang-barang yang susah dicuci. Tungau debu juga suka tempat yang lembab, karena itu jagalah kelembaban kamar Anda tetap rendah supaya mereka tidak makin banyak bersarang. Kenapa tungau debu penting untuk dibasmi? Ternyata, enzim yang dikeluarkan oleh tungau debu bersama kotorannya merupakan pemicu kambuhnya alergi dan juga asma. Selain itu, meski tidak punya penyakit tersebut, kotoran tungau debu juga bisa membuat Anda bersin-bersin dan mengakibatkan hidung menjadi mampet.

2 comments: