Thursday, August 30, 2012

Fakta Unik dibalik Kisah Berdirinya Google

Google, sepertinya nama ini sudah tak asing lagi bagi seluruh pengguna internet di dunia, mesin pencari (search enggine) yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini adalah mesin pencari yang paling populer di dunia, dan sudah tahukah anda bahwa dibalik kesuksesan google saat ini ternyata ada beberapa cerita yang unik lho... 

1. Lary Page dan Sergey Brin awalnya bermusuhan :K:

sebagai orang yang sama-sama pintar keduanya termasuk orang yang tidak mau mengalah satu sama lain , mereka sering
sekali berdebat walaupun hanya dipicu oleh hal yang sebenarnya sangat sepele seperti, siapa yang harus menutup pintu, siapa yang berhak membaca koran terlebih dahulu dan sebagainya, teman seasrama mereka bahkan sempat merasa terganggu karena saking seringnnya mereka berdebat dan bertengkar, namun mereka bertengkar bukan karena saling benci tapi karena sifat kompetitif yang memang sudah tertanam dalam diri mereka masing-masing sifat kompetitif sebenarnya adalah sifat yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha yang ingin sukses usahanya dan berkat sifat inilah google bisa sehebat sekarang, coba bayang kan jika larry page dan sergey brin tidak punya sifat kompetitif mungkin saat ini nama google tidak akan pernah terdengar.  walaupun sering bertengkar namun persahabatan mereka tetap kuat karena pertengkaran mereka selalu diakhiri dengan tertawa bersama

2. Pendiri Google Pernah Frustasi Karena Teknologi Pagerank sering ditolak

Setelah berturut-turut ditolak AltaVista, Excite, dan yang terakhir oleh Yahoo,
Larry Page dan Sergey Brin sama-sama frustasi dan hampir putus asa. mereka pernah beranggapan bahwa Teknologi Page RankGoogle seperti layu sebelum berkembang. Mereka tidak pernah bermimpi Google akan bisa sebesar sekarang bahkan jauh lebih besar dari perusahaan yang telah menolak mereka (yahoo, altavista). disaat putus asa itulah pikiran mereka cuma satu yaitu menyelesaikan kuliah dan mendapatkan gelar Phd mereka secepatnya lalu menyempurnakan Google sambil jalan. Bahkan sangking frustasinya, pernah suatu ketika Google tidak dilirik selama 1 minggu.

sedikit tambahan tentang teknologi pagerank (yang kini sangat populer)

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google

cara kerja :
Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.


3. Mimpi Yang Terdengar Gila
  • Larry Page ingin membuat Alat Transportasi otomatis
  • Sergey Brin ingin membuat koloni di Mars :f:
mungkin banyak orang normal akan tertawa saat mendengar mimpi mereka saat itu namundengan tekad luar biasa impian Ini di kemudian hari memang benar-benar diwujudkan. Setidaknya, berusaha diwujudkan. Ide Larry dimulai dengan project mobil listrik, ide Sergey diwujudkan dengan Project Virgle.  

4. Cerita Palsu

Keterangan resmi dari google menjelaskan nama google didapat dari salah tulis dari kata "Googol" yang artinya angka 1 diikuti 100 angka nol dibelakangnya menjadi Google.Tapi, menurut bocoran salah seorang karyawan awal Google, sebenarnya kata Google berasal dari kata “Go Girl !”, dimana suatu ketika Sergey Brin memperoleh ide tersebut ketika sedang menonton pertandingan olahraga dengan para Cherleader :n: yang meneriakkan kata Go Girl ! Go Girl ! (gogel) Cerita meragukan ini didukung 2 fakta: Sergey Brin suka menonton para Cherleader, dan kedua: Google mensponsori para Cherleader dengan memasang tulisan Google di kaos para Cherleader. Mengapa perlu dibuat cerita palsu yang masuk akal? mungkin karena konotasi GoGirl yang negatif tidak sesuai dengan citra perusahaan jika suatu saat ingin Go Public.

3 comments: